Cek Khodam

Cek Khodam Viral di Media Sosial, Apa Itu?

Cek Khodam – Akhir-akhir ini media sosial, terutama di TikTok ramai dengan fenomena tren cek khodam. Apa sebenarnya khodam, dan bagaimana istilah itu kini jadi perbincangan di berbagai lini media sosial? Kata cek khodam mulai ramai setelah salah satu pengguna TikTok kerap melakukan siaran langsung dengan dalih baca khodam melalui nama pengguna.

Hal yang menarik dari siaran langsung tersebut adalah si pembaca khodam ini sama sekali tidak memperlihatkan wajahnya.

Dia hanya menggunakan suara dan membacakan khodam setiap nama dengan cepat. Misalnya menyebut khodam pengguna rawarontek, Nyi Blorong, hingga berbagai hal lain yang lama-lama jadi bahan bercanda pengguna media sosial.

Tren ini sejatinya hanya berlaku sebagai hiburan. Adapun penamaan khodam di buat kocak dan menghibur, seperti Naga Kocak, Panda Cupu, Edgar Burger, Harimau Kutub, Raja Sumatera, dan lain sebagainya.

Apa itu khodam?

Kata khodam sebenarnya di ambil dari bahasa Arab yang memiliki arti pembantu, penjaga, hingga pengawal. Melansir Bincang Syariah, dalam Islam kata khodam berasal dari khodama-yakhdumu-khodim. Artinya adalah pembantu dengan makna luas, mulai dari membantu kejadian sehari-hari, pekerjaan, dan hal lainnya.

Jadi secara harfiah khodam yang tengah jadi bahan perbincangan di media sosial ini memiliki arti penjaga, pembantu, atau hal-hal yang mendampingi.

Tapi, dalam siaran langsung dan tren di TikTok saat ini khodam justru di kaitkan dengan sosok-sosok irasional. Seperti rawarontek atau hal-hal gaib hal yang dalam istilah Jawa di kenal dengan sebutan perewangan.

Oleh sebagian orang Indonesia yang percaya, khodam juga di anggap sebagai makhluk, yang membantu urusan manusia. Khodam di anggap sebagai bagian dari  diri manusia tersebut dan secara alami kerap membantu berbagai urusan hingga membentuk kepribadian manusia tersebut.

Baca juga artikel lain di banyuwangispesial.com

Melansir Detik, khodam bisa muncul karena berbagai peristiwa dan pengalaman yang di lalui seseorang. Pengalaman positif maupun negatif di yakini bisa membentuk khodam dalam diri seseorang. Jika di sebutkan bahwa khodam bisa berbentuk ular, naga, rawa rontek atau hal lain yang kerap di sebutkan dalam siaran langsung di TikTok itu, secara ilmiah khodam bisa juga di artikan sebagai ego state.

Ego state sendiri merujuk pada sistem perilaku dan pengalaman yang terorganisir. Ego state juga merupakan bagian dari diri manusia yang terbentuk karena pengalaman hingga berbagai emosi intensyang pernah di lalui. Jadi soal khodam ini memang bisa di lkihat dari berbagai sisi, baik secara ilmiah, secara agama islam, maupun dalam pandangan kegaiban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *