by

Info Pendakian Gunung Raung Jalur Kalibaru – Banyuwangi

Gunung Raung adalah gunung berapi kerucut yang terletak di ujung timur pulau Jawa РIndonesia. Secara administratif, gunung raung masuk dalam tiga wilayah kabupaten yaitu Banyuwangi, Bondowoso dan Jember. Secara Geografis, lokasi gunung ini berada dalam kawasan komplek pegunungan ijen dan menjadi puncak tertinggi dari gugusan pegunungan tersebut.

Gunung Raung merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Arjuno dan menjadi gunung tertinggi keempat di pulau Jawa. Kaldera Gunung Raung merupakan kaldera kering yang terbesar di Pulau Jawa dan terbesar kedua di Indonesia setelah Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat.

Bagi Wisatawan yang suka melakukan pendakian, Gunung Raung belum begitu terkenal maka dari itu tempat wisata ini belum seramai seperti ijen.

Info Pendakian Gunung Raung Jalur Kalibaru – Banyuwangi

Hal terpenting yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pendakian ke gunung raung yang jalurnya terbilang ekstrim ini, alangkah baiknya Anda persiapkan untuk melakukan latihan fisik terlebih dahulu. Selain itu, Anda perlu membawa persediaan air yang cukup banyak karena dikawasan ini benar-benar tidak ada mata air.

Gunung Raung yang berketinggian 3344 mdpl ini memiliki 4 puncak. Pertama, puncak Bendera (3159 mdpl), Puncak 17 (3108 mdpl), Puncak Tusuk Gigi (3300 mdpl), dan Puncak Sejati, Puncak Tertinggi Raung (3344 mdpl). Perlu diingat, selalu perhatikan langkah Anda saat menuju puncak sejati, karena jalurnya tidak lebar dan kalau ingin melihat sekitar atau berfoto-foto alangkah baiknya berhenti. Mulai dari Puncak Bendera, jalur diisi dengan pasir dan bebatuan, terutama saat menuju puncak Tusuk Gigi dan Puncak Sejati.

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pendakian tergantung kondisi fisik Anda selama pendakian, apalagi sepanjang pendakian Anda akan menemukan medan yang terjal serta ekstrim. Tempat yang baik untuk pasang tenda, itu ada di Camp 4 dan Camp 7. Ada juga di Pos Bayangan 1 dan Bayangan 2 sebelum Camp 7. Tapi kebanyakan di Camp 7. Karena dapat menampung kurang lebih 26 tenda.

info-pendakian-puncak-gunung-raung-banyuwangiJika Anda berasal dari luar kota Banyuwangi, untuk menghemat waktu sangat disarankan Anda naik kereta api dan turun di Stasiun Kalibaru. Berikut ini estimasi waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Puncak Sejati :

  1. Base Camp Rumah Pak Sunaryo/ Pos 1 (jalan kaki 3 jam atau naik ojek 30 menit)
  2. Pos 1 – Camp 1 (1 jam)
  3. Camp 1 – Camp 2 (1 jam)
  4. Camp 2 – Camp 3 (1 jam)
  5. Camp 3 – Camp 4 (1 jam)
  6. Camp 4 – Camp 5 (1 jam)
  7. Camp 5 – Camp 6 (1 jam)
  8. Camp 6 – Camp 7 (1,5 jam)
  9. Camp 7 – Camp 8 (1 jam)
  10. Camp 8 – Camp 9 (1 jam)
  11. Camp 9 – Puncak Bendera ( 20 Menit)
  12. Puncak Bendera – Puncak 17 (1 Jam)
  13. Puncak Bendera – Puncak Tusuk Gigi (2 – 3 Jam)
  14. Puncak Tusuk Gigi – Puncak Sejati (25 menit)

Bagaimana? Jika Anda tertantang untuk melakukan pendakian ke Gunung Raung, persiapkan fisik dan mental Anda jauh hari sebelum Anda melakukan pendakian. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang ingin menaklukkan Puncak Sejati Gunung Raung.

Sumber artikel dan foto diambil dari Instagram @duniafrans, jika Anda ingin mengetahui lebih dalam terkait pendakian ke gunung raung, silahkan follow IG @duniafrans.

Comment