by

Inilah Situs – Situs GeoPark di Banyuwangi, Penasaran Dimana Saja?

Rencananya tahun ini kawasan Geopark Banyuwangi akan di usulkan untuk menjadi UNESCO GLOBAL GEOPARK (UGG). Pengakuan dari UNESCO tersebut nantinya akan mengantarkan pariwisata Banyuwangi ke kelas Internasional atau Dunia. Wisata Banyuwangi menjadi jauh lebih menarik minat wisatawan terutama wisatawan mancanegara untuk datang ke Banyuwangi.

Tahukah anda berapa situs Geopark yang ada di Banyuwangi? Sebelum kita membahas mana saja situs – situs geopark Banyuwangi, sebaiknya kita memahami dahulu apa yang dimaksud dengan geopark itu sendiri.?

Apa Itu Geo Park?

GeoPark merupakan sebuah kawasan yang mempunyai unsur – unsur geologi terkemuka (outstanding) termasuk nilai arkeologi, biologi dan budaya yang ada di dalamnya dimana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam (UNESCO 2004)

Unsur – Unsur dalam Geo Park

  • Unsur Keragaman Biologi (Bio Diversity)
    Unsur biologi memiliki fakta bahwa flora fauna muncul ketika bumi sudah terbentuk. Flora fauna berbeda disetiap daerah menyesuaikan dengan kondisi bumi yang ada.
  • Unsur Keragaman Geologi (Geo Diversity)
    Geologi merupakan dasar pencetusan geopark, karena geologi berkaitan erat dengan proses awal terbentuknya bumi. Bahwa segala yang ada dimuka bumi dahulunya berawal dari cerita geologi yang menakjubkan.
  • Unsur Keragaman Budaya (Culture Diversity)
    Unusur budaya muncul dipengaruhi pembentukan bumi dan unsur biologi yang ada, maka terciptalah keanekaragaman budaya diperoleh dari penyesuaian hidup manusia dengan tempat dimana mereka tinggal.
baca juga :  Bakti Sosial Rafi Vision di Tiga Kabupaten, Banyuwangi - Tuban dan Gresik

Ada beberapa bidang yang perlu dibangun dalam rangka mendukung terwujudnya 3 unsur Geopark diantara nya:

  1. Pendidikan
    Pendidikan menjadi modal dasar dalam pengelolaan Geopark. Dengan adanya pendidikan tentang biologi, geologi dan budaya akan meningkatkan kualitas pengetahuan terhadap unsur – unsur yang ada dalam geopark.
  2. Pemberdayaan Masyarakat
    pemberdayaan masyarakat dilakukan guna mendukung kesuksesan dalam pembangunan Geopark. Masyarakat yang telah terdidik akan menjadi pemeran utama dalam pengelolaan wilayahnya masing-masing.
  3. Konservasi
    konservasi merupakan dampak dari prose pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, secara otomatis masyarakat yang sudah terdidik dan terberdayakan akan menjaga lingkungannya agar sumberdayanya terjaga sampai anak cucunya nanti atau dalam jangka waktu yang panjang.

21situsgeoparkbanyuwangi

Sesuai dengan unsur – unsur Geopark, Banyuwangi memiliki 21 situs yang tersebar dari banyuwangi utara hingga Banyuwangi selatan. Situs yang masuk GeoPark Banyuwangi, antara lain yaitu:

  • Unsur Geologi
    1. Ijen Acidic Lake
    2. Ijen Blue Fire
    3. Lider Waterfall
    4. Sediment Kendenglembu
    5. Watudodol Beach
    6. Sembulungan Cape
    7. Blambangan Peninsula
    8. Grajagan Beach
    9. Parangireng Beach
    10. Pancur Beach
    11. Pulau Merah
    12. Teluk Hijau
  • Unsur Biologi
    1. Erek – erek jungle park
    2. Pang pang bay
    3. Savana sadengan
  • Unsur Budaya
    1. Rowobayu
    2. Kemiren Village
    3. Situs Umpak Songo
    4. Situs Kawitan
    5. Situs kendenglembu
    6. Situs macan putih
baca juga :  Aneka Olahan Buah Naga Banyuwangi

Diharapkan dengan masuknya Banyuwangi kedalam UNESCO GLOBAL GEOPARK tidak hanya akan membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dari meningkatnya jumlah wisatwan, namun juga meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian cagar alam dan budaya asli Banyuwangi selalu terjaga, sehingga anak cucu kita dapat ikut menikmatinya.

Mari lestarikan alam, karena alam adalah bagian hidup kita

Comment