by

Jagoan Tani Banyuwangi 2021, Siapakah Sang Juara?

Jagoan Tani Banyuwangi 2021 – Acara kompetisi di bidang pertanian yang digelar oleh Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi ini resmi dibuka dan diresmikan oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani pada 6 Juni 2021 lalu.

Ajang bergengsi dalam rangka mencari talenta muda dibidang pertanian ini mengundang perhatian para milenial Banyuwangi. Pendaftar yang masuk mencapai kurang lebih 480 tim, yang masing – masing tim terdiri dari 3 – 5 pemuda/anggota dengan batasan usia 17 – 35 tahun. Kategori perlombaan ada dua jenis yaitu Rintisan Usaha dan Ide Usaha atau Bisnis.

Program Jagoan Tani memberikan stimulus modal kepada pemenang dengan total sebesar Rp 120 juta.  Jadwal pendaftaran dimulai pada tanggal 10 hingga 30 Juni 2021, kemudian dilanjutkan seleksi pada 1-7 Juli 2021 dan tahap verifikasi 8-12 Juli 2021. Untuk 30 tim terpilih telah diumukan pada tanggal 14 Juli 2021.

Kegiatan tersebut tidak sekedar ajang kompetisi akan tetapi peserta juga diberikan mentoring khusus untuk menambah wawasan peserta baik dibidang pertanian, agripreneur dan juga digital marekting. Mentoring dilaksanakan tanggal 15-20 Juli 2021, dengan menghadirkan mentor-mentor handal diberbagai bidang antara lain:

  1. Panji Winanteya Ruky (Direktur PT Pupuk Indonesia)
    Tema: Transformasi Bisnis Pertanian, Apa yang Harus Dilakukan Pengusaha Muda?
  2. Luh Putu Suciati (Akademisi UNEJ)
    Tema: Kiat Mengembangkan (Inkubasi) Rintisan Agribisnis
  3. Ipang Wahid (Agropreneur)
    Tema: Anak Muda Jadi Agropreneur, Kenapa Tidak?
  4. Ervina Wahyu S. (Akademisi UNTAG)
    Tema: Peluang dan Jenis Agribisnis Bagi Kaum Muda Banyuwangi
  5. Cucuk Rustandi (Digital Marketing Expert)
    Tema: Pemasaran Online dan Digital Marketing, Mudah Kok
baca juga :  Jadwal Banyuwangi Festival 2021

Tahap penjurian dilaksanakan mulai tanggal 22-26 Juli 2021 kepada 30 tim yang terpilih terdiri dari 15 tim kategori rintisan bisnis dan 15 tim untuk kategori ide bisnis. Adapun unsur penilaian meliputi unsur inovasi, unsur prospek bisnis dan unsur keberlanjutan.

Tim juri tidak hanya dari internal dinas pertanian, namun juga pihak eksternal termasuk akademisi dan praktisi. Hal ini guna menjaga profesionalitas dan obyektifitas penilaian lomba. Adapun tim juri yang dihadrikan antara lain:

  1. Tim Juri Kategori Ide Bisnis :
    • Nani Mardiyanti, SP – Dinas Pertanian dan Pangan Kab Banyuwangi
    • Dr Luh Putu Suciati – Akademisi UNEJ
    • Cucuk Rustandi – Digital Marketing Expert
  2. Tim Juri Kategori Rintisan Usaha :
    • Ilham Juanda, SP – Dinas Pertanian dan Pangan Kab Banyuwangi
    • Ervina Wahyu Setyaningrum, S.Pi, M.Si – Akademisi UNTAG Banyuwangi
    • Irfan Wahid – Agripreneur
    • Kukuh Roxa Putra Hadriyono, SP – CEO PT Pandawa Agri Indonesia Banyuwangi

Tahapan demi tahapan telah terselesaikan dengan baik dan lancar walapun ada beberapa jadwal yang tidak sesuai dengan rencana akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi makna dan fungsi kegiatan tersebut. Rencana awal graduation akan diumumkan tanggal 29 Juli 2021 mundur menjadi 09 Agustus 2021.

baca juga :  Festival Creative Recycled 2019

Besok hari senin 09 Agustus 2021 di pendopo bupati Banyuwangi adalah acara puncak Jagoan Tani Banyuwangi 2021. Perwakilan tim yang masuk dalam nominasi dihadirkan untuk menjadi saksi pengukuhan sang juara dari kompetisi ini sekaligus penyerahan trophy dan simbolis stimulus modal untuk para juara.

Acara garduation akan dihadiri langsung oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani dan seluruh yang hadir diharuskan telah melakukan test swab antigen sehari sebelum acara dimulai dengan hasil test negatif. Selama acara berlangsung perserta wajib memakai masker dan menjaga jarak tempat duduk.

Siapakah sang juara itu?

Comment