by

“SEGO TEMPONG” Kuliner Khas Banyuwangi

“SEGO TEMPONG” – Belumlah lengkap kalau ke Banyuwangi tapi belum mencicipi Sego Tempong. Kuliner khas Banyuwangi ini membuat indera pengecap kita lengkap menjelajahi rasa: manis, asam, dan asin.

Dalam sepiring Sego Tempong, selain nasi Anda akan menemukan banyak sekali jenis makanan diantaranya: sayuran, tempe goreng, tahu goreng, dadar jagung, ikan asin dan yang tak ketinggalan sambal yang pedasnya tingkat dewa. Jika Anda menikmati masakan yang satu ini jangan lupa sediakan tisue yang cukup, karena dijamin keringat Anda akan bercucuran karena efek pedasnya sego tempong.

Ngomong – ngomong tentang nama mengapa kuliner yang satu ini dinamakan Sego Tempong, nama ini berasal dari nama daerah yaitu sego yang artinya nasi dan tempong artinya tampar atau tonjok. Karena sambal sego tempong yang kebanyakan pedasnya tingkat dewa, maka menu ini dinamakan sego tempong karena rasa sambalnya yang pedas seperti habis di tampar.

Di Banyuwangi, sego tempong banyak dijual di warung – warung tradisional atau lokal. Namun ada beberapa tempat yang sudah terkenal dan dikenal oleh orang karena lauknya yang bermacam – macam dan tempatnya bersih adalah sego tempong Mbok Wah. Sego Tempong Mbok Wah berada di lingkungan Bakungan, selain menu standar disini Anda dapat menambah sego tempong Anda dengan lauk yang Anda suka seperti, ikan laut goreng, cumi bumbu hitam, paru goreng, sate telur puyuh dan masih banyak lagi lauk yang lainnya.

Jika Anda berkunjung ke Banyuwangi, Anda harus mencicipi makanan khas Banyuwangi yang satu ini khususnya buat Anda yang suka sekali dengan makanan yang pedas. Jangan kuatit buat Anda yang tidak suka pedas, karena biasanya ada sambal yang sengaja disediakan untuk pelanggan yang tidak suka pedas.

Ayo datang ke Banyuwangi dan nikmati seluruh keunikan dan keelokannya.

Comment